Welcome to My Room

Serba-Serbi Perikanan, Bisnis Online dan LUAT TAH.| Menyediakan Pemesanan Benih Lele Sangkuriang (Khusus Wilayah Aceh)Hub : 082366262006

Jumat, 27 Agustus 2010

Ciri-ciri Orang Riya' (Pamer)

Dalam kitab aafatun ‘ala ath-thoriq karya DR.Sayyid Muhammad Nuh, ciri-ciri orang yang terhinggapi penyakit ini diantaranya adalah :

1. Jika disanjung bersemangat dalam beramal, sedangkan jika dicela hilang amalnya.
Suatu ketika ada orang yang membicarakan tentang kita, bahwa kita adalah orang yang taat ibadah, rajin ngaji, rajin bershodaqoh, seorang ustadz, pengusaha sukses dan sebagainya, ternyata pembiacaraan itu menambah semangat kita untuk semakin banyak beramal, berhati-hatilah saudaraku, bisa jadi semua amalan yang kita kerjakan bukan dilandasi keimanan kepada Allah tapi masih berorientasi manusia.
2. Ditengah orang, giat beramal sedangkan ketika sendirian malas beramal.
Ketika kita berkumpul dengan banyak orang, ada dorongan yang kuat pada diri kita untuk semakin banyak beramal, sholat sunnah yang tidak pernah kita kerjakan saat itu kita kerjakan. Baca qur’an yang biasanya hanya setengah halaman, saat itu menjadi satu juz lebih. Dzikir yang biasanya kita tinggalkan, saat itu khusyuk kita dalam anggukan kepala sembari mulut bergerak-gerak membaca lafadz tasbih, tahmid dan takbir. Berhati-hatilah saudaraku, bisa jadi semua amalan yang kita kerjakan bukan dilandasi keimanan kepada Allah tapi masih berorientasi manusia.
3. Menjauhi larangan Allah jika ramai dan melanggar larangan jika sendiri/sepi.
Makan dan minum yang biasanya kita kerjakan tanpa melihat tangan kanan atau tangan kiri atau bahkan dengan kaki menjadi mendadak sontak berubah ketika kita berkumpul dengan orang banyak. Kita berusaha mati-matian untuk mencari tempat duduk ketika makan karena takut kredibilitas kita sebagai ustadz akan jatuh karena makan sambil berdiri. Ucapan-ucapan kita yang biasanya ketika dirumah kotor tidak beretika menjadi halus dan santun ketika berbicara dihadapan orang banyak. Berhati-hatilah saudaraku, bisa jadi semua amalan yang kita kerjakan bukan dilandasi keimanan kepada Allah tapi masih berorientasi manusia.

Saudaraku, marilah mulai hari ini kita bersihkan niat kita dari selain Allah. Sungguh, ketika kita menanam rumput maka padi tidak akan tumbuh menyertainya, tetapi jika kita menanam padi maka rumput akan membersamainya. Dalam sebuah hadits riwayat Bukhori, rosulullah saw bersabda ada seseorang yang tampaknya melakukan amalan syurga tetapi sesungguhnya ia adalah penghuni neraka, dan ada seseorang yang tampaknya melakukan amalan neraka tetapi sesungguhnya ia adalah ahli syurga. Allahuakbar.!!

==================================================================================
Jika hidup adalah sebuah pilihan, maka
Mati adalah sebuah kepastian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar