Welcome to My Room

Serba-Serbi Perikanan, Bisnis Online dan LUAT TAH.

Kamis, 27 September 2012

Ikan Nila Sultana, Varietas Nila Unggulan Terbaru

BBPBAT Sukabumi telah memperkenalkan varietas Nila unggul berjuluk Nila Sultana. Varietas Nila Sultana ini merupakan hasil penelitian selama hampir 5 tahun.
“Ikan yang diberi nama Sultana merupakan singkatan dari seleksi unggul Selabintana, karena seluruh penelitian dan menghasilkan ikan nila varietas baru ini dilakukan di Selabintana, Sukabumi,” kata Kepala BBPBAT Sukabumi Abduh Nurhidajat.

Ikan nila Sultana merupakan perkawinan silang dari 10 “strain” ikan nila yang ada di Indonesia, di mana hasilnya sangat memuaskan. Menurut Abduh, ikan nila Sultana tumbuh lebih cepat 10-15 persen dibandingkan dengan ikan nila lainnya.
Keunggulan lain dari ikan nila Sultana adalah tahan dari berbagai penyakit dan cepat menyesuaikan diri di alam barunya.
“Setelah dilakukan penelitian kemudian kami mengajukan hasil penelitian ini ke tim seleksi penilaian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta. Setelah itu diserahkan ke dewan pakar budi daya dan hasilnya lulus tes genetik dan lain-lain” jelasnya.
Dalam pembesaran ikan nila Sultana ini, kata dia, sangat cocok dibudidayakan monoseks, yang tujuannya agar kandungan gizi dari pakan yang diberikan terserap seutuhnya kepada tubuh ikan tersebut, karena tidak digunakan untuk kawin.
Selain itu, menurut Abduh, ikan nila ini sangat cocok disilangkan dengan ikan nila gesit.
“Hasilnya dari perkawinan tersebut menghasilkan benih ikan yang sangat baik dan pertumbuhannya lebih cepat sampai 40 persen, biasanya ikan nila di panen pada size 4 atau 1 kg berisi empat ikan nila selama tiga bulan, tetapi Nila Sultana untuk mencapai bobot tubuh tersebut hanya di bawah tiga bulan,” katanya.
Ditambahkannya, saat ini ikan nila Sultana sudah dikembangkan di tiga daerah yakni di Sumatera Selatan, Malang dan Subang.
“Hasil panen Nila Sultana ternyata di tiga daerah yang berbeda kondisi alam dan air sangat memuaskan dan ‘survival rate’ mencapai 80 persen lebih,” katanya.

Ref : budidaya-ikan.com/ikan-nila-sultana-varietas-nila-unggulan-terbaru-dari-bbpbat-sukabum

4 komentar:

  1. kalau di jogja bisa dicari dmana ya? harga bibitnya berapa?


    nderek perkenalan: http://qiojenggot.blogspot.com
    matur nuwun

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak untuk berbagi informasi, Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

    BalasHapus
  3. kalau di jambi dmana ya cari bibitnya, n brapa harganya ya?....

    BalasHapus
  4. MAHAKAM FARM menyediakan benih LELE KAKA 2 juta perbulan, benih NILA GESIT 3 juta perbulan. contact : www.mahakam.biz eko, 0853-3000-5930

    BalasHapus